Pengertian, fungsi dan tujuan Reklame

Reklame adalah

Apa saja materi yang akan kita pelajari kali ini kali ini kita akan membahas tentang

-Pengertian reklame

-Syarat reklame

-Tujuan reklame

-Fungsi reklame

-Media reklame

Apa pengertian dari reklame?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia reklame adalah pemberitahuan kepada umum tentang barang dagangan dengan kata-kata dan gambar yang menarik supaya laku. Reklame biasanya dipasang di tempat-tempat umum seperti di Jalan Raya, Taman, pusat perbelanjaan, Stasiun dan tempat umum lainnya, reklame harus menarik agar dapat menarik minat orang untuk melihat dan membacanya, reklame didesain supaya orang tertarik untuk melihat dan membacanya.

Fungsi Reklame

Apa saja fungsi dari reklame?

Yang pertama adalah menawarkan barang dagangan atau biasa supaya laku. Contoh seperti reklame pasta gigi, reklame tersebut adalah menawarkan barang yaitu berupa pasta gigi supaya orang mau membelinya.

Kemudian fungsi yang kedua adalah mengajak masyarakat agar mengikuti Pesan yang disampaikan, contoh ajakan kepada masyarakat agar peduli dalam membayar pajak, tujuan reklame di sini ada dua tujuan ,reklame yang pertama adalah untuk kepentingan bisnis dan yang kedua adalah kepentingan sosial.

Untuk kepentingan bisnis tujuan reklame adalah untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, contoh reklame yang Tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan untuk kepentingan sosial, tujuan reklame adalah untuk mengajak mengimbau menyampaikan informasi kepada masyarakat agar bersedia mengikuti pesan yang disampaikan, contoh reklame yaitu untuk mengajak masyarakat mengikuti pesan yang ada pada reklame tersebut.

Kita bisa lihat contoh tersebut merupakan spanduk yang merupakan salah satu bentuk dari reklame.

Apa saja syarat dari reklame?

Yang pertama adalah menggunakan kalimat singkat padat jelas dan mudah diingat, kita bisa lihat pada contoh spanduk, contoh tersebut menggunakan kalimat yang singkat padat dan tidak bertele-tele, mudah diingat dan jelas.

Syarat yang kedua gambar reklame sesuai dengan barang atau jasa yang ditawarkan, contoh reklame seperti jasa laundry, maka gambar yang digunakan adalah gambar yang berhubungan dengan jasa laundry t-shirt.

Yang ketiga isi reklame harus benar adanya atau jujur, contoh daftar harga juga menampilkan harga untuk jasa laundry, nah disitu isi reklame harus benar dan jujur.

Syarat yang keempat warna yang digunakan mencolok dan kontras, kita lihat pada contoh warna yang digunakan adalah warna yang menarik.

Media Reklame

Selanjutnya adalah media reklame Apa saja media yang bisa digunakan untuk reklame?

Yang pertama adalah media audio

Kedua media visual dan

Ketiga adalah media audio visual.

Media audio adalah reklame dibuat dengan mengutamakan suara Bunyi atau Suara untuk menyampaikan informasi kepada orang lain. Jadi pesan tersebut akan dinikmati melalui indera pendengaran. Contoh media audio adalah radio atau pengeras suara atau media yang lain yang berupa audio, media visual reklame tersebut mengutamakan gambar dan tulisan untuk menyampaikan informasi, Jadi pesan tersebut akan dinikmati melalui indra penglihatan contohnya adalah poster Iklan baliho stiker spanduk dan masih banyak lagi yang lain. Media audio visual reklame dibuat menggunakan gambar tulisan dan suara secara bersama untuk menyampaikan informasi. Jadi pesan dari reklame tersebut akan dinikmati melalui indra penglihatan dan indra pendengaran contoh media audio visual adalah iklan di televisi Bioskop atau dari internet dan masih banyak lagi yang lain nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.