Rilisnya OS Android 11, Apa Saja Fitur Barunya?

Rilisnya OS Android 11, Apa Saja Fitur Barunya?

Android 11

Rilisnya OS Android 11, Apa Saja Fitur Barunya?, Setelah pendahuluan beta terkemuka untuk sementara waktu, Google akhirnya secara resmi merilis versi kedelapan belas dari sistem operasi Android, khususnya Android 11. Android 11 baru dirilis terbatas pada beberapa ponsel seperti Pixel 2, 3, 3A, 4, dan 4A.

Semua hal dipertimbangkan, selain Pixel, saat ini ada merek ponsel lain yang bisa mendapatkan Android 11, misalnya OnePlus 8 dan 8 Pro untuk Amerika Utara, Eropa, dan India melalui beta terbuka.

Apalagi dengan Oppo X2 dan Reno 3, sama seperti Realme X50 Pro. Sedangkan Xiaomi sudah mengusung gadget Android 11 hingga Mi 10 dan Mi 10 Pro.

Meskipun sudah ada beberapa merek ponsel yang bisa mendapatkan Android 11, ada beberapa komponen baru yang tersedia hanya untuk Pixel, yang merupakan ponsel dari Google. Sebagian dari ketentuan selektif OS 11 di Pixel, misalnya berbagi area berbasis AR dan Smart Reply di Gboard.

Selain pembekalan selektif, ada komponen menarik lainnya yang dihadirkan Google di Android 11. Berikut klarifikasi lengkapnya.

Pemberitahuan diskusi pesan

Di Android 11, pemberitahuan klien akan dikumpulkan di celah tergantung pada jenisnya. Yang menarik adalah adanya peringatan diskusi unik yang memudahkan klien untuk menyampaikan semua lebih cepat tanpa mencari mereka di tumpukan pemberitahuan yang kurang terkoordinasi. Klien bahkan dapat menetapkan diskusi mana yang harus difokuskan, untuk menjaga diskusi tersebut pada titik tertinggi pemberitahuan.

Bubble Chat

Seperti Facebook Messenger, sorot obrolan udara memungkinkan klien untuk mengubah ruang kunjungan individu menjadi gelembung bermunculan yang selalu dapat diakses di sisi layar. Sepanjang baris ini, klien dapat menjawab pesan segera terlepas dari apakah mereka membuka aplikasi lain. Google tidak menentukan aplikasi kurir apa pun yang dapat memanfaatkan elemen ini.

Kontrol media

Seperti namanya, kontrol media menggabungkan komponen yang dapat menangani aplikasi yang diidentifikasi dengan video atau suara. Misalnya, ketika klien sedang mendengarkan musik atau menonton video, suara atau gambar konten dapat langsung dipindahkan ke perangkat lain seperti speaker atau TV.

Perekaman layar yang mendasari

Tidak ada alasan kuat untuk mengunduh aplikasi perekaman layar tambahan di Play Store, OS 11 memberikan fitur perekaman layar yang dikoordinasikan dengan amplifier dan suara telepon.

Terlepas dari ketentuan yang disebutkan sebelumnya, OS 11 sebenarnya memiliki beberapa elemen fantastis lainnya. Misalnya, kontrol gadget untuk mengontrol berbagai gadget yang terkait dengan ponsel klien secara jarak jauh hanya dalam satu menu. Untuk sampai ke sana, klien dapat menekan tombol paksa selama beberapa saat.

Karena strategi masuknya bergantung pada tombol paksa, komponen ini diduga tidak dapat diakses oleh semua merek ponsel Android. Misalnya, ponsel Android Samsung di mana tombol paksa gadget sudah digunakan untuk mengakses suara Bixby dengan tangan kanan. Hingga artikel ini dibuat, belum ada informasi tambahan apakah ponsel Android merek lain juga akan menerapkan OS 11, serta tanggal pengirimannya.

Android 11 Memiliki Bug

Bentuk otoritas Android 11 saat ini dapat diakses. Namun, ini bukan pembaruan bug sepenuhnya. Sesuai laporan terbaru, klien mengalami bug atau perkembangan masalah yang mengganggu melakukan berbagai tugas pada kerangka kerja ini.

Selain itu, bug di OS juga dijawab untuk mencoba membuat ponsel menjadi gelap dengan efek zoom yang tidak biasa. Ini mencegah klien membuka aplikasi lebih jauh. Kesalahan melakukan banyak tugas muncul di semua gadget Pixel yang disegarkan ke Android 11, termasuk Pixel 2, 3, 4, dan yang mengejutkan 4a.

Masalah ini tampaknya, oleh semua akun, menjadi masalah yang tak terhindarkan dan ada rincian mengenai tahapan yang berbeda. Adanya komplen tentang OS 11 telah dilaporkan langsung pada talkshow Reddit, Forum Komunitas Pixel, dan yang mengejutkan Forum Dukungan Android 11.

Apakah ada solusi yang nyaman untuk masalah ini? Memang, beberapa klien untuk waktu yang singkat “menangani” masalah ini hanya dengan mengunci dan membuka gadget mereka. Lagi pula, ini jelas bukan pengaturan yang berlarut-larut karena masalah ini mungkin akan kembali.

Untungnya, Forum Dukungan OS 11 (IssueTracker), Google telah bereaksi terhadap masalah ini. Organisasi mengatakan akan memberikan perbaikan dalam pembaruan berikut.

Selain melakukan berbagai masalah tugas dan layar gelap berkilauan, ada laporan aplikasi kamera mogok atau berhenti secara mengejutkan di kerangka kerja terbaru Google. Seorang klien Pixel 3a yang me-refresh gadgetnya ke OS 11 menunjukkan bahwa setelah update, dia saat ini tidak dapat menyimpan foto yang dia ambil.

Selain itu, saat mengubah ke mode video, aplikasi kamera ngelag. Saat ini, kamera bisa saja tidak berfungsi. Ada gerutuan layar gelap atau aplikasi menutup tiba-tiba. Baik membersihkan cadangan atau me-restart telepon tidak menangani masalah ini.

Sampai saat ini, belum ada konfirmasi bahwa masalah ini terkait dengan kerangka kerja terbaru Google. Klien Pixel kembali dari kerangka kerja terjauh ke Android 10, namun masalahnya tidak hilang. Selain itu, melakukan reset pabrik pemrosesan tidak membantu dengan cara yang sama. Sampai saat ini, belum ada reaksi otoritas dari Google sehubungan dengan masalah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.